Wrabel: Ten Feet Tall, Terima kasih, Sahabat!

Coba-coba


Disini ane bakal coba-coba buat analisis tentang lagu yang cukup bagus buat telinga, buat telinga yang mau sedikit relaksasi. Lebih condong tentang arti llagunya. Arti lagu Ten Feet Tall. Wrabel mungkin terdengar sangat asing buat telinga. Sampe-sampe ada yang belum tau dia siapa. Wrabel adalah seorang penulis lagu dan musisi asal Amerika, dasarnya sih dia main piano. Musisi yang sekarang berumur 26 tahun ni udah cukup tenar di negara asalnya, terutama karena lagunya yang berjudul Ten Feet Tall-nya dilirik oleh Afrojack lalu di remix sedikit sehingga punya beat yang menurut ane sih nanggung buat dipake joget. Gak yang kaya yang Afrojack remix buat lagunya 30 Seconds To Mars, Do or Die yang beatnya berat banget. Mungkin mengikuti lagunya yang emang hanya diiringi instrumen piano yang agak lamban. Ane sih awalnya nyangka lagu itu yaa berisi lagu galau yang isinya tentang cowoknya yang nyelingkuhin ceweknya lalu bunuh diri atau orang yang patah hati setelah alat flush toiletnya macet dan lainnya kalo diliat dari nada dan pengalaman baca lirik di nada-nada yang agak kirip sama lagu ini. Tapi artinya dalem banget. Mantav.

Lagu ini juga bisa berarti Romance menurut ane, kalo diliat dari liriknya. Liriknya menjelaskan mengenai kehadiran seseorang tersebut mengubah dirinya menjadi lebih baik, terus berkembang sehingga dirinya merasa bahwa dirinya seperti seseorang yang besar di dunia yang berisikan orang kecil, hatinya seakan-akan terus terpompa sehingga bisa meledak karena keberadaan seseorang tersebut. Hiperbola. Intinya seseorang tersebut mengubah dirinya untuk bangkit dan menganggap masalah tersebut sebagai sesuatu yang rendah hingga kita seakan-akan menjadi yang tertinggi.

I’m clumsy
And my head’s a mess
Cause you got me growing taller everyday
We’re giants in a little man’s world
My heart is pumping up so big that it could burst

Penyemangat. Seseorang tersebut bisa menjadi sebuah penyemangat bagi dirinya yang sedang hancur dan kacau. Dirinya mencoba untuk tak mengunkapkan kekacauan yang dialaminya namun sang penyemangat itu terus melakukan hal-hal yang membuat dirinya seakan-akan dirinyalah yang tertinggi sehingga dapat menginjak gedung, mobil dan kapal bahkan menyentuh langit. Masalah yang ia hadapi bisa bermacam-macam, salah satunya bahwa ia direndahkan oleh seseorang melalui hinaan bahkan cacian namun terdapat seseorang disana yang membuatnya bangkit dan merasa tinggi hingga melupakan masalahnya tersebut. Hingga setinggi sepuluh kaki. I’m ten feet tall.

Been trying so hard not to let it show
But you got me feeling like
I’m stepping on buildings, cars and boats
I swear I could touch the sky

Melalui analisa, sepertinya ia telah menemukan kembali dirinya dari masalah yang ia timpa, romance-nya mungkin melekat sekali disini. I’ll be careful so don’t be afraid. Dia akan hati-hati maka janganlah khawatir, mungkin lirik tersebut ditujukan untuk sang penyemangat yang akan terus berhati-hati dalam menjaganya atau menjalani kehidupannya, maka janganlah kau khawatir. Kau aman bersamaku, tangan-tanganku ini tak akan melepaskan tanganmu hingga hancur, lalu aku akan memberikan tanda (terima kasih) di awan sehingga mereka tahu bahwa kita tak akan kembali kebawah. Dalam artian dia tak akan kembali meratapi masalahnya karena saat bersama, dia akan selalu tinggi dan tak akan menengok ke bawah, ke masalah-masalahnya yang akan ia hadapi bersama-sama sang penyemangat. Sang penyemangat merupakan seorang wanita.

I’ll be careful
So don’t be afraid
You’re safe here
No these arms won’t let you break
I’ll put up a sign in the clouds
So they all know that we ain’t ever coming down

Ia menyatakan bahwa sang wanita tersebut telah membangunnya kembali, membuat dirinya melupakan semua masalah dan memecahkan masalahnya. Membuat dirinya merasakan bahwa inilah dirinya yang baru, yang belum pernah ia rasakan semasa saat tidak dengannya. Yang mengubah dirinya dari sesuatu yang bukan apa-apa menjadi sesuatu yang berharga untuk dirinya sendiri. Menjadi sesuatu dari debu. Lagu ini bisa berisikan tentang rasa terima kasih seseorang kepada sang penyemangat yang telah mengubah dirinya menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya, sehingga ia bisa melewati semua masalahnya bersamanya.

You build me up
Make me what I never was
You build me up
From nothing into something
Something from the dust

Lagu ini sepenuhnya mengingatkan saya kepada seorang sahabat saya, sahabat saya yang sangat berharga yang selalu membantu saya dalam setiap masalah, yang selalu mengerti keadaan saya, memberikan solusi terhadap masalah yang saya alami, intinya dia membuatku merasa tinggi sehingga saya melupakan masalah-masalah tersebut seakan-akan saya menginjak gedung kantor pajak depan sekolah, gedung BNN depan sekolah bahkan pendopo, atau menginjak seseorang yang selalu menghina saya. Hoho. Lagu ini saya persembahkan untuknya, entah mengapa saat saya mencoba analisis lagu ini, dia yang langsung saya ingat di pikiran saya hehe. Mungkin ane bakal kembali lagi nanti, dengan analisis lagu lainnya. Yang belum tau lagunya wajib denger + dengan covernya by Afrojack, lumayan asik buat temenin bobo. Terima kasih!

P.S : Ralat bukan sang wanita, si penyemangat berartikan sebagai lawan jenis.

Ten Feet Tall – Wrabel (Original Version)

Ten Feet Tall – Wrabel ft. Afrojack

One thought on “Wrabel: Ten Feet Tall, Terima kasih, Sahabat!

Silakan beri saya pendapat, saran, atau kritik sebagai bahan evaluasi dan sarana interaktif